Technology

[TIPS] [NON-ROOT] MINIM LAG + HEMAT BATERAI TANPA ROOT!

+====+-----___++___=====++=====___++___------+====+

Di bawah ini adalah pengalaman ane selama beberapa tahun memakai Android. Menurut ane Android adalah OS paling menarik yang pernah ada. Tapi kadang kita sendiri kurang memahami apa yang sebenernya dibutuhkan agar Android kita berfungsi dengan optimal. Mau tau caranya ? Cekidot :)



Terlalu banyak install aplikasi
 Meskipun SGGP punya internal storage yang cukup besar (8GB, available 5GB), tapi terlalu banyak menginstall aplikasi yang gak bener bener diperlukan tetap gak bagus. Karena hampir semua aplikasi meninggalkan residu (cache), jika tidak diatur dengan baik maka jelas semakin lama akan memenuhi storage agan. Hal ini biasanya kurang disadari oleh para pengguna Android, bahwa sebenarnya HH mereka menyimpan banyak cache yang setiap saat akan terus bertambah dan akan membuat kinerja HH menjadi semakin lambat. Tanpa disadari aktifitas agan agan menggunakan HH terus menerus menumpukan sebuah Cache-Cache. Biasanya aplikasi yang meng-generate paling banyak cache adalah browser, aplikasi chatting, atau kegiatan menggunakan internet, dll. Solusinya dengan cara menginstall aplikasi wajib yang ane share di doc ini. Selain itu simpan file file seperti musik, film, dokumen ke MicroSD agar tidak membebani memori internal. 



Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background
Smartphone sekarang terutama Android, memang sudah dioptimalkan untuk fungsi multitasking. Namun dengan keterbatasan kapasitas RAM yang dimiliki SGGP, bukan gak mungkin terjadi lagging atau bahkan force close karena RAM penuh ketika sedang menjalankan aplikasi tertentu, semisal game dan foto editor. Meminimalkan aplikasi yang berjalan di background termasuk yang paling krusial untuk diperhatikan. Disarankan rutin meng-close aplikasi ketika sudah tidak digunakan. Selain itu rutin pula merestart HH paling tidak sekali dalam seminggu. 



Task Killer/RAM cleaner/RAM booster/Speed Booster, dll
Saat ini banyak beredar di Play Store macam-macam aplikasi seperti Clean Master, DU Speed booster, dll yang menjanjikan akan meningkatkan performa HH. Padahal aplikasi-aplikasi tersebut justru memperlambat kinerja HH itu sendiri dengan membebani memori (RAM). Namun tidak semua task killer itu buruk, di bawah udah ane sertakan aplikasi mana yang bagus untuk HH agan. Lanjut baca. 



Aplikasi Penghemat Baterai

Yang paling fenomenal dari dulu adalah Apikasi Penghemat Baterai. Dengan berbagai slogan bakal memperpanjang penggunaan baterai sampai 5X, tampaknya udah bikin aplikasi ini lumayan populer di kalangan pengguna samrtphone. Padahal sebenernya fungsi aplikasi ini hanya sekedar untuk mempermudah akses kita dalam meminimalkan penggunaan baterai. Dan sudah pasti hanya menuh menuhin RAM. 



Antivirus
Mungkin antivirus penting untuk diinstall di PC/Laptop, tapi enggak untuk android. Alasannya android memiliki kapasitas memori yang terbatas, berbeda dengan PC/laptop. Selain itu tidak seperti sistem operasi Windows, tidak banyak virus yang berkeliaran di sistem operasi android/linux. Cukup hindari mengunduh aplikasi aplikasi yang sumbernya tidak jelas.



Aplikasi Facebook
Entah seberapa pentingnya aplikasi facebook ini, yang jelas aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi yang mengkonsumsi terlalu banyak RAM dan Baterai! Akses facebook melalu web browser akan lebih menghemat baterai dan memori daripada harus menginstall aplikasinya. 



Auto Update Apps Android di Playstore
Fitur auto update apps android ini memang terasa baik untuk mendapatkan aplikasi ter-update, namun agan akan merasa terganggu jika tiba–tiba HH agan men-download dan meng-install aplikasi ketika sedang digunakan untuk menjalankan aplikasi lain. Selain itu agan akan "dipaksa" meng-update semua aplikasi yang sebenarnya tidak ingin agan update. Cara menanggulangi hal tsb yaitu dengan masuk ke PlayStore, dan setting pembaruan otomatis (disable). 



Banyak pasang widget
Widget di HH android ini memberikan kemudahan untuk menggunakan aplikasi yang tersedia. Misalnya shortcut untuk melakukan suatu fitur pada aplikasi tertentu, atau melihat informasi yang ter-update pada aplikasi tersebut. Namun jika terlalu banyak widget tentu akan memakan penggunaan memori RAM pada HH android yang akan mengakibatkan tidak ada ruang lagi untuk penggunaan aplikasi lain. Jadi hapus widget yang setidaknya kurang penting atau jarang digunakan. 



Menggunakan launcher/tema yang berat
Tema emang bikin HH kita keliatan keren dan unik, tapi agan agan tetap harus cerdas memilih launcher mana yang memiliki banyak kostumisasi tapi tetap bersahabat untuk HH kita. Contoh launcher yang rekomen misal Nova Launcher/SMART launcher/HOLA. 



Live wallpaper
Wallpaper bisa gerak gerak sendiri, bisa dimain mainin, keliatan hidup, lucu, seru.. Tapi berbagai keseruan dan kelucuan tadi juga punya dampak buruk ke performa dan baterai. Karena biasanya live wallpaper akan memicu CPU/GPU agar bekerja lebih intens. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan wallpaper statis semisal foto yang ada di gallery.Itu tadi beberapa hal yang bisa bikin kinerja HH kita gak maksimal.



Kalo udah tau, sekarang waktunya dipraktekkan

Alat dan Bahan:
1. Galaxy Grand Prime
2. Koneksi internet
3. Keyakinan dan kesabaran :D




+====+-----___++___=====++=====___++___------+====+

A. Optimalisasi lewat pengaturan

1.
-Masuk ke Setting >> Display >> Brightness. Atur brightness sesuai kebutuhan, terlalu terang gak bagus buat mata dan baterai, usahakan brightness seminimal mungkin asal masih dapat dilihat.
- Auto rotate screen atur ke (OFF), gunakan kalau diperlukan aja.
- Screen Timeout atur ke 15/30 detik.
- Wallpaper ganti dengan wallpaper yang berwarna gelap/dominan hitam, untuk meminimalkan konsumsi layar HH. (opsional)


2. Setting >> Sound. Matikan fitur yang dirasa tidak perlu seperti touch sound dan dialing keypad tone


3. Matikan GPS jika tidak dipakai


4. Setting >> Backup and reset, atur Backup my data ke (OFF). Hidupkan jika hanya ingin membackup.


5. Matikan Sync/Sinkronisasi (bisa lewat panel notifikasi). Sync hanya efektif ketika kita memakai google keyboard atau aplikasi lain yang membutuhkan notifikasi real time semisal email.


6. Matikan Mobile data jika terdapat jangkauan akses internet Wifi. Mobile data signifikan menguras baterai ketimbang Wifi.


7. Setting >> About device >> Software update, matikan Auto update. Aktif di forum pasti bakal ada pemberitahuan semisal ada update :)


8. Setting >> Application manager >> geser ke All.Beberapa aplikasi bawaan yang jarang digunakan seperti Hangout , Google Play Games, dll. lebih baik dinonaktifkan. Meskipun tidak pernah dijalankan, aplikasi-aplikasi tsb biasanya akan tetap berjalan di background. Hal ini yang sangat berpotensi menuh menuhin RAM dan membuat batre makin boros. Berikut list aplikasi aplikasi yang aman untuk didisable/turn off:
Drive
Gmail
Google Play Books
Google Play Games
Google Pay Music (jika memakai music player lain)
Google Play Newsstand
Google Search
Google +
Hangouts
MusicFx
GALAXY Apps
Memo
My Files (jika sudah menginstall file explorer lain)
Samsung account
Samsung Biling
Samsung in-App purchase
Samsung Push Service
Street View
TalkBack
Weather

(silahkan jika ada yang ingin menambahkan akan ane masukkan ke list)
Catatan: Restart HH setelah selesai mendisable semua aplikasi yang tidak diperlukan.





+====+-----___++___=====++=====___++___------+====+

B. Aplikasi aplikasi yang wajib diinstall

1. Advanced Task Manager (ATM) 
Di awal sudah ane jelaskan beberapa aplikasi task killer yang efeknya buruk buat HH. Bedanya ATM dengan task killer lain yaitu ATM tidak secara asal meng-kill aplikasi. ATM hanya menampilkan aplikasi aplikasi yang aman untuk diclose. Jadi fungsinya lebih seperti clear all di recent app. Selain itu ATM bisa diset secara otomatis mengclose background application setiap layar terkunci, menyalakan/restart HH, maupun diset secara periodik tiap 30 menit, 1 jam, 2 jam, dsb. Filenya pun tidak terlalu besar dan mudah dioperasikan.
Cara pakai ATM Klik Di Sini


2. Ccleaner 
Pasti agan agan udah pada tau aplikasi ini. Beruntungnya ternyata Ccleaner tidak cuma hadir di PC Ccleaner ini sebenernya fungsinya tidak jauh beda dengan aplikasi pembersih lainnya. Hanya saja Ccleaner tidak membebani Memori dan Baterai!Untuk amannya, atur pembersihan hanya pada Cache, Clipboard, Google Play Search History, Thumbnail Cache, dan Empty Folder (pengaturan ini bisa ditemukan di menu setting). Tidak disarankan untuk membersihkan Processes!


Dua aplikasi di atas sebenarnya udah lebih dari cukup untuk mengoptimalkan HH. ATM bekerja sebagai pengontrol memori (RAM), sementara Ccleaner berfungsi memanage storage, Duo yang super sekali bukan ? ;)



+====+-----___++___=====++=====___++___------+====+

DOWNLOAD LINK:
ATM
Klik Di Sini

CCLEANER
Klik Di Sini




===semoga membantu====
Source: Berbagai sumber & Pengalaman

0 Response to "[TIPS] [NON-ROOT] MINIM LAG + HEMAT BATERAI TANPA ROOT! "

Post a Comment

Recent Comments

Loading...

Popular Posts

Trend Baru Bisnis online

Kesempatan dapat uang dengan mudah